April 15, 2016

Apa itu Takziah ? Belasungkawa kerumah Orang yang Meninggal

- Hello Helly -

Kebetulan malam ini saya sedang menghadiri takziah maka baiknya kita membahas apa itu takziah, hukum takziah, hikmahnya menghadiri takziah, dll. Sahabat Helly yang beragama islam pasti juga pernah menghadiri  takziah tapi kebanyakan dari kita tidak mengetahui kenapa jika ada orang yang meninggal pasti ada takziah selama 3 hari berturut-turut dan dihari-hari tertentu.
Yaaah untuk lebih jelas alangkah lebih baiknya  menyimak postingan ini agar tidak asal2an lagi menghadiri takziah (seperti saya) hahah

Pengertian

Takziah menurut bahasa artinya adalah menghibur
Sedangkan pengertian Takziah menurut istilah syara' adalah mengunjungi keluarga orang yang meninggal dunia dengan tujuan supaya keluarga yang ditinggalkan dan sedang mendapat musibah dapat terhibur, diberikan kesabaran dan keteguhan dalam menghadapi musibah serta mendoakan mayit atau orang yang meninggal agar diampuni oleh Allah dosa-dosanya selama menjalani hidup di dunia.

Rasulullah Muhammad saw bersabda, “Sesungguhnya milik Allah-lah apa yang telah Dia ambil dan milik-Nya jua apa yang Dia berikan; dan segala sesuatu di sisi-Nya sudah ditetapkan ajalnya. Maka hendaklah kamu bersabar dan mengharap pahala dari-Nya” (HR. Muttafaq ’alaih). Sabda ini selaras dengan tujuan utama dari takziah kepada orang yang baru ditinggalkan oleh orang yang meninggal dunia yaitu untuk mengingatkan tentang hak Allah dan pentingnya seorang muslim untuk bersabar dalam menghadapi segala musibah.

Hukum takziah

Hukumnya orang untuk bertakziah adalah sunnah. Takziah merupakan kewajiban bagi setiap muslim kepada muslim yang lain dan orang yang meninggal dunia berhak atas hak takziah. Perlu kita ketahui bahwasanya hak orang Islam yang lain ada lima, yaitu menjawab salam, menjenguk orang sakit, mengantar jenazah, menghadiri undangan, dan mendoakan orang yang bersin.
Pada ahli hukum Islam menegaskan bahwa hukum merawat orang yang meninggal dunia adalah fardu kifayah, namun bila tidak ada yang mengurusnya maka kepada orang yan tahu mengenai kejadian tersebut status hukumnya menjadi fardu ‘ain. Dengan kata lain, seseorang tidak dinyatakan berdosa bila tidak ikut serta dalam merawat jenazah bila sudah ada sebagian muslim lain yang sudah mengurus jenazah tersebut.

Pada posisi seperti itu, maka bagi kebanyakan orang yang lain (yang tidak ikut serta merawat jenazah) terkena status fardu kifayah. Namun bila tidak ada yang mengurus, maka pada orang yang ada di sekitar orang yang meninggal dunia tersebut terkena hukum wajib (fardu ‘ain) untuk merawat jenazah tersebut sampai selesai.

Hikmah atau manfaat pada takziah

Beberapa hikmah yang dapat kita ambil dari takziah antara lain adalah sebagai berikut : 
1. Takziah dapat menciptakan hubungan silaturrahmi yang lebih erat antara keluarga yang mengalami musibah kematian dengan orang yang bertakziah.

2. Dengan takziah diharapkan keluarga yang mengalami musibah kematian dapat terhibur dengan tujuan dapat mengurangi beban kesedihan dari keluarga yang ditinggalkan.

3. Dengan takziah, orang muslim yang bertakziah dapat mendoakan kepada jenazah agar dosa-dosanya semasa hidup diampuni oleh Allah swt serta amal kebaikannya dapat diterima oleh Allah.

4. Orang yang bertakziah dengan ikhlas insyallah akan mendapat pahala dari Allah swt. Keluarga muslim yang ditinggalkan karena kematian berhak mendapatkan hak takziah dari sesama muslim lainnya dengan berpedoman pada adab takziah yang baik dan benar.

Sooooo, sahabat Helly sudah memahami kenapa kita harus bertakziah walaupun hukum dalam agama itu sunnah.

Bagikan

Jangan lewatkan

Apa itu Takziah ? Belasungkawa kerumah Orang yang Meninggal
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.