April 10, 2016

Pengertian Organisasi

- Hello Helly -

Apa itu organaisasi? - Pastinya Helly mengenal organisasi dari televisi, kampus, ataupun dilingkungan sekitar. Begitu banyak organisasi didunia ini, hal itulah yang menyatakan bahwa manusia tidak bisa hidup sendiri. Organisasi diperlukan manusia untuk saling bekerjasama dalam mewujudkan apa yang ingin dicapainya, walaupun begitu tantangan helly untuk berorganisasi bukannya tidak ada.

Faktor utama yang mencederai organisasi ialah adanya tujuan/keperluan individu untuk memasuki organisasi tertentu dan menjadikannya tidak peduli dengan tujuan organisasi yang dimasukinya. Keegoisan individu dalam sebuah organisasi hanya akan merusak, itu berbanding terbalik dalam hakikat organisasi yang menekankan individu haruslah saling bekerjasama.

Pengertian organisasi

Definisi secara etimologi (kata): Organisasi berasal dari kata Yunani(organon) yang berarti alat. 
Definisi secara terminologi (istilah): Organisasi adalah suatu wadah atau tempat berkumpulnya 2 orang atau lebih yang saling bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama.

Menurut para ahli: 
Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.

James D. Moneey mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.

Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.

Organisasi dibuat sebagai tempat berkumpul orang-orang yang saling bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.

Terbentuknya sebuah organisasi dikarenakan adanya persamaan tujuan atau visi dan misi antar individu serta ingin menyukseskan tujuan tersebut dan saling bekerjasama dalam mereleasasikan tujuan organisasinya.


Prinsip-prinsip dalam organisasi

Tentulan suatu organisasi diharuskan memiliki prinsip agar konsisten dan terus berkembang. Sebagai bahan untuk menemani jalannya organisasi.

Menurut Roco Carzo, asas-asas atau prinsip-prinsip organisasi sebagai berikut :
1. Organisasi harus memiliki tujuan yang jelas
Sebuah tujuan didalam organisasi sangatlah penting untuk menentukan arah apa yang ingin dicapaiindividu-individu yang ada pada organisasi.
Hasil gambar untuk organisasi


2. Skala Hirarki
Skala Hirarki dapat diartikan sebagai perbandingan kekuasaan disetiap bagian yang ada. Kekuasaan yang terstruktur, jika jelas berapa banyak bawahan dan jenis pekerjaan apa saja yang menjadi titik tumpu sebuah organisasi. Artinya tidak sama antara kepala sekolah dengan pembantu kepala sekolah dalam ukuran hirarki kekuasaan. Yang hanya bisa memerintah bawahan adalah atasan. Itu yang menjadi tolak ukur di manapun organisasi itu berdiri.

3. Kesatuan perintah/komando
Untuk sentralisasi organisasi, kesatuan perintah itu terletak di pucuk pimpinan tertinggi. Jika disekolah, maka kepala sekolahlah yang bisa memerintah seluruh komponen sekolah, tetapi untuk desentralisasi, pembantu kepala sekolah atau guru yang mempunyai peran mengkomandokan bagian kekuasaan.

4. Pelimpahan wewenang
Dalam hal ini, ada dua pelimpahan wewenang, yakni :
    - Secara permanen yang ditandai dengan Surat Keputusan Tetap (SK)
·   - Secara sementara yang sifatnya dadakan. Contoh kepala sekolah berhalangan menghadiri undangan rapat di Depdiknas, yang berhak menggantikan adalah wakil kepala sekolah yang sifatnya sementara.

5. Pembagian pekerjaan
Pembagian Pekerjaan sangat diperlukan untuk menutupi ketidakmampuan setiap orang untuk mengerjakan semua pekerjaan yang ada dalam organisasi. Perlu adanya spesialisasi pekerjaan yang disuaikan dengan keahlian masing-masing. Kegiatan-kegiatan itu perlu dikelompokkan dan ditentukan agar lebih efektif dalam mencapai tujuan organisasi.


6. Kepemimpinan
Kepemimpinan sangat berarti bagi sebuah organisasi. Semua aktivitas dijalankan oleh pemimpin. Pemimpin juga bertanggung jawab atas kemajuan dan kemunduran organisasi. Seluruh fungsi-fungsi manajemen akan dikendalikan sepenuhnya oleh pemimpin. Oleh karena itu, kepemimpinan dianggap sebagai inti dari organisasi ataupun manajemen.

7. Fungsional
Bahwa seorang dalam organisasi secara fungsional harus jelas tugas dan wewenang nya, kegiatannya, hubungan kerjanya, serta tanggung jawabnya dalam pencapaian tujuan organisasi.

8. Keseimbangan
Prinsip ini berhubungan dengan keseimbangan antara struktur organisasi yang efektif dengan tujuan organisasi. Keseimbangan antara beban tugas, imbalan, waktu bekerja dan hasil pekerjaan.

9. Flexibelitas
Suatu pertumbuhan dan perkembangan organisasi tergantung pada dinamika kelompok. Keseimbangan penugasan dengan imbalan perlu diperhatikan dengan baik dalam memenuhi tujuan organisasi.


10. Rentang pengendalian
Jenjang atau rentang pengendalian berkaitan dengan jumlah bawahan yang harus dikendalikan seorang atasan. Oleh sebab itu tingkat-tingkat kewenangan yang ada harus dibatasi seminimal mungkin sehingga tidak semua merasa menjadi atasan.

Hasil gambar untuk organisasi

11. Pemisahan

Prinsip pemisahan ini berkaitan dengan beban tugas individu yang tidak dapat dibebankan tanggung jawabnya kepada orang lain. Kecuali ada hal-hal tertentu diluar kuasa manusia, misal sakit.

12. Pertanggung Jawaban
Dalam melakukan tugas, semua bawahan bertanggung jawab untuk melaksanakan tugas dan hasil kerjanya. Juga bertanggung jawab atas kemajuan organisasi kepada bawahannya. Jadi semua pihak bertanggung jawab pada setiap apa yang dia kerjakan.

Unsur-unsur organisasi

1. Manusia, organisasi ada karena manusianya ada. Manusialah yang mengendalikan organisasi sebagai alat.

2. Kerjasama, didalam organisasi sangatlah penting untuk saling memberi pundak untuk menjalankan roda organisasi.

3. Tujuan yang hendak dicapai, semua organisasi pasti mempunyai suatu cita-cita yang sangat ingin dicapai.
Hasil gambar untuk organisasi

Jenis-jenis organisasi

Secara umum organisasi dibedakan kedalam beberapa jenis:
1. Organisasi kenegaraan/dunia.
2. Organisasi politik
3. Organisasi agama
4. Organisasi olahraga
5. Organisasi masyarakat
6. Organisasi mahasiswa
7. Organisasi sekolah
8. Organisasi pemuda

Yaaaahhh sampai disini dulu, semoga bermanfaat untuk Helly sekalian..  Helly punya organisasi? jenis organisasi apa? yah asal jangan masuk dalam organisasi geng motor atau terorisme haha mohon share dan berkomentar. Tengkyuuuu

Bagikan

Jangan lewatkan

Pengertian Organisasi
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.