- Hello Helly -
Apa itu organaisasi? -
Pastinya Helly mengenal organisasi dari televisi, kampus, ataupun dilingkungan
sekitar. Begitu banyak organisasi didunia ini, hal itulah yang menyatakan bahwa
manusia tidak bisa hidup sendiri. Organisasi diperlukan manusia untuk saling
bekerjasama dalam mewujudkan apa yang ingin dicapainya, walaupun begitu
tantangan helly untuk berorganisasi bukannya tidak ada.
Faktor utama yang
mencederai organisasi ialah adanya tujuan/keperluan individu untuk
memasuki organisasi tertentu dan menjadikannya tidak peduli dengan tujuan
organisasi yang dimasukinya. Keegoisan individu dalam sebuah organisasi hanya
akan merusak, itu berbanding terbalik dalam hakikat organisasi yang
menekankan individu haruslah saling bekerjasama.
Pengertian organisasi
Definisi secara etimologi (kata): Organisasi berasal
dari kata Yunani(organon) yang berarti alat.
Definisi secara terminologi (istilah): Organisasi adalah
suatu wadah atau tempat berkumpulnya 2 orang atau lebih yang saling
bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama.
Menurut para ahli:
Stoner mengatakan
bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana
orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.
James
D. Moneey mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk
setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
Chester
I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan
suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
Stephen
P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity)
sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif
dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk
mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
Organisasi dibuat sebagai tempat berkumpul
orang-orang yang saling bekerjasama secara rasional dan sistematis,
terencana, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang,
material, mesin, metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain
sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan
organisasi.
Terbentuknya sebuah organisasi dikarenakan adanya
persamaan tujuan atau visi dan misi antar individu serta ingin menyukseskan
tujuan tersebut dan saling bekerjasama dalam mereleasasikan tujuan
organisasinya.
Prinsip-prinsip dalam organisasi
Tentulan suatu organisasi diharuskan memiliki prinsip
agar konsisten dan terus berkembang. Sebagai bahan untuk menemani jalannya
organisasi.
Menurut Roco
Carzo, asas-asas atau prinsip-prinsip organisasi sebagai berikut :
Sebuah tujuan didalam organisasi sangatlah penting
untuk menentukan arah apa yang ingin dicapaiindividu-individu yang ada pada
organisasi.
2. Skala Hirarki
Skala Hirarki dapat diartikan sebagai perbandingan
kekuasaan disetiap bagian yang ada. Kekuasaan yang terstruktur, jika jelas
berapa banyak bawahan dan jenis pekerjaan apa saja yang menjadi titik tumpu
sebuah organisasi. Artinya tidak sama antara kepala sekolah dengan pembantu
kepala sekolah dalam ukuran hirarki kekuasaan. Yang hanya bisa memerintah
bawahan adalah atasan. Itu yang menjadi tolak ukur di manapun organisasi itu
berdiri.
3. Kesatuan perintah/komando
Untuk sentralisasi organisasi, kesatuan perintah itu
terletak di pucuk pimpinan tertinggi. Jika disekolah, maka kepala sekolahlah
yang bisa memerintah seluruh komponen sekolah, tetapi untuk desentralisasi,
pembantu kepala sekolah atau guru yang mempunyai peran mengkomandokan bagian
kekuasaan.
4. Pelimpahan wewenang
Dalam hal ini, ada dua pelimpahan wewenang, yakni :
- Secara permanen yang ditandai dengan
Surat Keputusan Tetap (SK)
· - Secara sementara yang sifatnya dadakan.
Contoh kepala sekolah berhalangan menghadiri undangan rapat di Depdiknas, yang
berhak menggantikan adalah wakil kepala sekolah yang sifatnya sementara.
5. Pembagian pekerjaan
Pembagian Pekerjaan sangat diperlukan untuk menutupi
ketidakmampuan setiap orang untuk mengerjakan semua pekerjaan yang ada dalam
organisasi. Perlu adanya spesialisasi pekerjaan yang disuaikan dengan keahlian
masing-masing. Kegiatan-kegiatan itu perlu dikelompokkan dan ditentukan agar
lebih efektif dalam mencapai tujuan organisasi.
6.
Kepemimpinan
Kepemimpinan sangat berarti bagi sebuah organisasi.
Semua aktivitas dijalankan oleh pemimpin. Pemimpin juga bertanggung jawab
atas kemajuan dan kemunduran organisasi. Seluruh fungsi-fungsi manajemen akan
dikendalikan sepenuhnya oleh pemimpin. Oleh karena itu, kepemimpinan dianggap
sebagai inti dari organisasi ataupun manajemen.
7. Fungsional
Bahwa seorang dalam organisasi secara fungsional harus
jelas tugas dan wewenang nya, kegiatannya, hubungan kerjanya, serta tanggung
jawabnya dalam pencapaian tujuan organisasi.
8.
Keseimbangan
Prinsip ini berhubungan dengan keseimbangan antara
struktur organisasi yang efektif dengan tujuan organisasi. Keseimbangan antara
beban tugas, imbalan, waktu bekerja dan hasil pekerjaan.
9. Flexibelitas
Suatu pertumbuhan dan perkembangan organisasi
tergantung pada dinamika kelompok. Keseimbangan penugasan dengan imbalan perlu
diperhatikan dengan baik dalam memenuhi tujuan organisasi.
10.
Rentang pengendalian
Jenjang atau rentang pengendalian berkaitan dengan
jumlah bawahan yang harus dikendalikan seorang atasan. Oleh sebab itu
tingkat-tingkat kewenangan yang ada harus dibatasi seminimal mungkin sehingga
tidak semua merasa menjadi atasan.
11. Pemisahan
Prinsip pemisahan ini berkaitan dengan beban tugas individu yang tidak dapat dibebankan tanggung jawabnya kepada orang lain. Kecuali ada hal-hal tertentu diluar kuasa manusia, misal sakit.
12. Pertanggung Jawaban
Dalam melakukan tugas, semua bawahan bertanggung jawab
untuk melaksanakan tugas dan hasil kerjanya. Juga bertanggung jawab atas
kemajuan organisasi kepada bawahannya. Jadi semua pihak bertanggung jawab pada
setiap apa yang dia kerjakan.
Unsur-unsur
organisasi
1. Manusia, organisasi
ada karena manusianya ada. Manusialah yang mengendalikan organisasi sebagai
alat.
2. Kerjasama, didalam organisasi sangatlah penting untuk saling memberi pundak untuk menjalankan roda organisasi.
3. Tujuan yang
hendak dicapai, semua organisasi pasti mempunyai suatu cita-cita yang
sangat ingin dicapai.
Jenis-jenis organisasi
Secara umum organisasi dibedakan kedalam beberapa
jenis:
1. Organisasi kenegaraan/dunia.
2. Organisasi politik
3. Organisasi agama
4. Organisasi olahraga
5. Organisasi masyarakat
6. Organisasi mahasiswa
7. Organisasi sekolah
8. Organisasi pemuda
Yaaaahhh sampai disini dulu, semoga bermanfaat
untuk Helly sekalian.. Helly punya organisasi? jenis organisasi apa? yah
asal jangan masuk dalam organisasi geng motor atau terorisme haha mohon share dan berkomentar.
Tengkyuuuu
Bagikan
Pengertian Organisasi
4/
5
Oleh
Hello Helly