- Hello Helly -
Saat ini era teknologi informasi, dimana alat-alat teknologi mulai banyak diciptakan. Lahirnya penemuan-penemuan baru mempunyai alasan untuk mempermudah pekerjaan manusia seperti komputer, handphone, internet, dll. Merupakan salah satu penemuan besar diera ini dan telah memberikan sumbangsih nyata dikehidupan sehari-hari kita.
Pada awal kemunculannya (1990), multimedia umumnya digunakan dalam bidang hiburan. Saat ini multimedia telah diaplikasikan dimana saja dan kapan saja, contohnya dalam dunia pendidikan multimedia dimanfaatkan menjadi media pengajaran atau e-learning.
1. Pengertian Multimedia
- Menurut bahasa (etimologi), multimedia terbagi dua suku kata yaitu, multi dan media. Multi berarti banyak atau bermacam-macam, sedangkan media berarti sesuatu atau alat yang digunakan untuk menyampaikan informasi (pesan). Jadi, multimedia merupakan alat-alat yang diguna untuk meyampaikan informasi (pesan).
- Menurut istilah (terminologi), penggunaan sarana (media) yang menyajikan kombinasi (gabungan) berbagai elemen informasi seperti teks, suara, video, gambar, dll yang bertujuan memberikan informasi atau sebuah hiburan kepada penerima.
- Menurut para ahli,
Mc. Comick, 1996. Kombinasi dari tiga elemen : suara, gambar dan text.
Rosch, 1996. Kombinasi dari komputer dan video.
Hofstekter, 2001. Multimedia dalam konteks komputer adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakaian berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi.
Robin dan Linda, 2001. Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks-grafik, animasi, audio dan video.
Turban, dkk., 2002. Kombinasi dari paling sedikit dua media input dan output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar.
Pada awal kemunculannya (1990), multimedia umumnya digunakan dalam bidang hiburan. Saat ini multimedia telah diaplikasikan dimana saja dan kapan saja, contohnya dalam dunia pendidikan multimedia dimanfaatkan menjadi media pengajaran atau e-learning.
2. Jenis-Jenis Multimedia
Multimedia dapat dibedakan dalam 2 jenis:
- Multimedia content production, merupakan produk dari proses penggabungan dari beberapa media untuk menyampaikan informasi. Dimultimedia jenis ini, media yang digunakan berupa: Media audio, media teks, media animasi, media video, media graph/image, media spesial effect, media interactivity.
- Sedangkan multimedia communication merupakan penggunaan media massa yang bertujuan untuk menyampaikan, meyiarkan, mempublikasikan, dan mengkomunikasikan seperti berita (news), material advertising (iklan), entertaintment (hiburan), publicity (publikasi), dan education (pembelajaran/pendidikan). Dimultimedia jesin ini, media yang digunakan berupa: media cetak, radio, tv, internet, game, musik, dan entertaintment.
3. Karakteristik Multimedia
- Multimedia linier, merupakan sebuah struktur multimedia yang tidak menyediakan alat kontrol bagi penggunanya. Multimedia ini bersifat sekuensial (lurus/berurutan) artinya pengguna hanya dapat bernavigasi sesuai ketentuan. contohnya seperti film, tv, dll.
- Multimedia interaktif, kebalikan dari multimedia linier. Dimana pngguna dapat bernavigasi secara bebas. Karena media ini menyediakan alat kontrol atau alat bantu lain yang dioperasikan oleh pengguna untuk mengontrol media tersebut. Contoh seperti program perangkat lunak, video, pemutar audio, image, dll.
4. Mengaplikasikan Multimedia
Aplikasi
dalam Bidang Produksi
Penggunaan
aplikasi ini digunakan untuk merancang dan merakayasa suatu produk misalnya
alat-alat
elektronik
dan mesin bahkan dapat pula digunakan untuk memonitor dan mengontrol proses
produksi
dan
berkembang menuju ke sistem manufaktur terintegrasi berbasisi multimedia.
Aplikasi
dalam Bidang Pelayanan Keuangan
Bidang
pelayanan keuangan meliputi pelayanan keuangan personal, pajak, perencanaan
keuangan,
sumber
pinjaman dan perbankan. Contohnya adalah situs SmartMoney, paypal, dll.
Aplikasi
dalam Bidang Sistem Informasi
Aplikasi dalam bidang ini misalnya aplikasi Sistem Informasi Akuntansi (SIA), aplikasi Sistem
Informasi Manajemen (SIM), aplikasi Decision Support System (DSS) dan aplikasi Executive
information
System (EIS).
Aplikasi
dalam Bidang Pemasaran
Penerapan multimedia dalam bidang ini tertuju kepada aktivitas pemasaran, khususnya aktivitas promosi yang meliputi periklanan, promosi penjualan, penjualan perseorangan, public realtion
dan
penjualan langsung termasuk penjualan melalui jaringan internet. Contoh dari
aplikasi ini adalah:
Periklanan
televise, Interactive Multimedia Merchandising (cara perusahaan untuk menjangkau
dan melayani
pelanggan), Merchandising Kiosk, Video Kiosk , Virtual Shopping, Comparison
Shopping,
Mass Market Application.
Aplikasi
Multimedia di Bidang Travel
Apliaksi
berbasis Web digunakan sebagai penerapan layanan perjalanan yang di
dalamnya termasuk informasi
biaya perjalanan, travel news, fitur paket liburan, dan pemesanan
online untuk lodging dan transportasi
melalui darat, laut dan udara.
Aplikasi
Multimedia dalam Bidang Real Estate
Multimedia
komputer memungkinkan pembeli mengunjungi ratusan properti lewat dunia maya,
melihat foto rumah
on-screen, memeriksa perencanaan lantai, melihat peta jalan, dan mempelajari
demografi sekeliling
rumah.
Aplikasi
Multimedia dalam Bidang Kesehatan
Dalam bidang kesehatan,
multimedia dapat mendukung pelayanan dan fasilitas sistem kesehatan,
ilmu kesehatan, kantor pendidikan medis, perpustakaan ilmu kesehatan dan fotografi medis
serta
pelayanan produksi median.
Aplikasi
Multimedia dalam Bidang Hiburan
Dalam bidang
hiburan multimedia digunakan dalam film, musik, radio interaktif, televisi
interaktif, game elektronik.
Aplikasi
Multimedia dalam Bidang Publishing
Banyak informasi yang dapat dipublikasikan secara elektronik melalui dokumentasi elektronik
misalnya
penyajian buku yang setiap materinya dapat terdiri dari grafik, animasi, audio
dan video.
Aplikasi
Multimedia dalam Bidang Pendidikan
Aplikasi
multimedia pendidikan antara lain sebagai perangkat lunak pengajaran,
memberikan fasilitas
untuk
mahasiswa atau siswa untuk belajar mengambil keuntungan dari multimedia,
belajar jarak jauh
dan
pemasaran pendidikan.
Aplikasi
Multimedia dalam Pemerintahan
Aplikasi
multimedia yang paling menonjol dalam bidang kepemerintahan adalah
E-Government, Profil Departemen
dan Kios Informasi tentang Kota.
Demikian tentang Pengertian, Jenis-Jenis, Karakteristik, serta mengaplikasikan multimedia didalam bidang-bidang tertentu. Semua multimedia itu bersifat positif, tergantung bagaimana Helly (kawan-kawan) menggunakan atau menoperasikan multimedia tersebut.
Bagikan
Multimedia : Alat Menyampaikan Informasi
4/
5
Oleh
Hello Helly